Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Membaca Al Quran

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Membaca Al Quran

Dalam membaca Al Quran tentu saja ada adab dan juga hal-hal yang harus diperhatikan. Tentu saja tujuannya agar bisa mendapatkan ganjaran secara maksimal. Untuk mengetahui informasi mengenai hal tersebut secara lengkap bisa mengunjungi website dutadakwah.

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Mengaji

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Membaca Al Quran

Membaca Al Quran merupakan ibadah yang sebaiknya dilakukan dengan benar oleh umat muslim. Hal ini agar pahala atau ganjarannya bisa maksimal. Jika Anda ingin mempelajarinya bisa mengunjungi situs Media Dakwah Islam Online. Berikut ini informasi singkatnya:

Memperhatikan Bacaan

Membaca Al Quran tidak sama dengan buku-buku lainnya dimana tertulis dengan bahasa Arab yang mana membutuhkan ilmu tersendiri yakni tajwid. Bertujuan agar bacaan benar dan tidak menimbulkan kesalahan dalam pengucapan.

Selain itu, harus memperhatikan pula makharijul huruf atau cara pelafalan setiap hijaiyahnya. Hal ini bertujuan sama seperti ilmu tajwid namun lebih menekankan pada bunyinya sehingga tidak menyebabkan perbedaan arti dan salah ucap.

Menjaga Kesucian dengan Wudhu

Ketika hendak mengaji harus dalam keadaan bersih karena akan memegang kitab suci yang mana keagungannya sangat diutamakan. Bisa dengan mandi atau lebih ringkas dan cepatnya ialah berwudhu. Hal ini juga dikemukakan dalam artikel di dutadakwah.

Hal ini juga sebagai bentuk penghormatan pada kitab suci tersebut bahwa siapa pun yang hendak membacanya seharusnya dalam keadaan bersih dari hadas baik kecil maupun besar. Oleh sebab itu jangan lupa untuk minimal berwudhu sebelum mengaji.

Dalam Posisi yang Baik

Tak hanya menjaga bacaan dan juga kesucian, namun harus memperhatikan pula posisi ketika membaca Al Quran yakni dalam keadaan tegak. Tidak diperbolehkan sambil bersandar seperti orang berleyeh-leyeh karena dianggap tidak menghormati kitab suci tersebut.

Sebaiknya ialah duduk tegak bisa dengan kaki ditekuk ataupun diluruskan. Namun, pastikan posisi Al Quran lebih tinggi dapat menggunakan bantal atau mengangkatnya. Hal ini tentu sebagai bentuk penghormatan dan juga cara menjaga keagungan kitab suci tersebut.

Ketika membaca Al Quran tentu saja tidak boleh semaunya sendiri dan sembarangan. Hal ini dikarenakan merupakan kitab suci dimana kedudukannya tentu lebih agung daripada buku biasa. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk menjaga adabnya.

Umat muslim sebaiknya mengetahui dan mengamalkannya dengan baik agar mendapatkan ganjaran secara maksimal. Untuk itu bisa mempelajari lebih lanjut di dutadakwah.