Apa yang Dimaksud Bahasa Pemrograman PHP? Simak Informasinya

Apa yang Dimaksud Bahasa Pemrograman PHP? Simak Informasinya

Bahasa pemrograman PHP mungkin belum terlalu akrab terdengar. Namun penyebutan ini sering berlalu lalang dalam percakapan para programer. Bahkan bahasa ini juga menjadi sandi bagi para web developer yang melakukan pemrograman tingkat lanjut.

Membahas Bahasa Pemrograman PHP

Apa yang Dimaksud Bahasa Pemrograman PHP? Simak Informasinya

Pada setiap bidang pekerjaan atau keahlian memiliki berbagai kosakata atau penyebutan yang berbeda-beda. Tergantung pada objek, alat, kondisi hingga faktor lainnya. Termasuk dengan bahasa pemrograman yang hanya ada pada lingkup teknologi piranti lunak.

Pengertian

Dikutip dari majapahit.id, Istilah PHP pada bahasa pemrograman memiliki arti dasar dan menjadi yang paling populer daripada istilah lain. PHP memiliki kepanjangan Hypertext Processor yakni program yang digunakan untuk membuat website. Penyebutan ini biasanya berhubungan dengan CSS dan HTML.

Istilah lain dalam pengungkapan PHP juga dapat dapat berupa server side karena diprogram pada satu server. Adapun fakta lain pada Hypertext Processor adalah mempunyai sifat open source yang memungkinkan pengguna mengedit dan mengembangkan sesuai kebutuhan.

Sejarah Singkat Bahasa PHP

Berdasarkan banyak laman informasi menunjukkan bahwa bahasa PHP pertama kali dibuat pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf. Sebelum menjadi singkatan huruf PHP dari Hypertext Processor, para ilmuwan teknologi menyebutnya Form Interpreted (FI) yang berfungsi sebagai sekumpulan script.

Script tersebut bertugas untuk menghimpun data formulir dari berbagai website. Kemudian sang penemu membuat bahasa PHP yang memiliki maksud sama dengan FI. Hingga saat ini istilah tersebut lah yang menjadi sumber open source terbuka untuk dikembangkan oleh siapa saja.

Fungsi Bahasa PHP

Bahasa PHP ditujukan untuk mempersingkat pekerjaan HTML dan CSS, sehingga membantu penyelesaian pekerjaan dengan lebih cepat. PHP juga memungkinkan Anda melakukan kompresi teks yang terlalu panjang menjadi lebih singkat dan efisien dengan bantuan gzcompress.

Memanajemen cookie dan session juga merupakan fungsi dari bahasa pemrograman ini guna menyimpan informasi pengguna. Hal ini menjadikan pengguna tidak harus mengisi formulir khusus ketika mengunjungi situs. Anda juga bisa menginput data dengan bahasa PHP dan menyimpannya di database.

Demikian informasi tentang bahasa pemrograman PHP yang sangat familiar di kalangan programer dan memiliki fungsi yang efektif efisien. Dengan demikian program pada website dapat berjalan lebih optimal. Semoga bermanfaat.